4.11.2013

#Ukhuwah itu obat pelupa, Karena saling mengingatkan. # ukhuwah itu husnudzon, Selalu berprasangka baik kepada saudaranya. # ukhuwah itu ta'aruf, Saling mengenal satu sama lain. # ukhuwah itu ta'awun, Saling menolong ketika ada yang membutuhkan. # ukhuwah itu itsar, Mendahulukan yang lain. # ukhuwah itu saling memahami, Bahwa kelebihan harus disyukuri dan kekurangan itu adalah fitrah manusia.

# ukhuwah itu cinta, Cinta karena Allah. #ukhuwah itu benci, Benci karena Allah. # ukhuwah itu pengorbanan, Berkorban untuk saudara yang lain. # ukhuwah itu perjuangan, Perjuangan untuk membela kebenaran. # ukhuwah itu kejujuran, Jujur kepada Allah, diri sendiri, dan saudara. # ukhuwah itu keadilan, Tidak membeda-bedakan. # ukhuwah itu kesabaran, Ketika ditimpa ujian. # ukhuwah itu kenikmatan, Kenikmatan dekat dengan orang-orang sholih. # ukhuwah itu ilmu, Ilmu yang tak akan habis dibahas. # ukhuwah itu amal, Amal yang memberatkan timbangan kebaikan.

# Ukhuwah itu perhatian, Perhatian akan kedekatan dengan Allah. # Ukhuwah itu kesamaan, Bahwa Allah satu tujuan. # Ukhuwah itu indah, Seperti pelangi yang berwarna-warni. # Ukhuwah itu iman. Karena bisa meningkatkan keyakinan. # Ukhuwah itu kuat, Karena kebersamaan. # Ukhuwah itu amanah, Karenanya harus dijaga. # Ukhuwah itu ikhlas, Tanpa pamrih. # Ukhuwah itu perubahan, Perubahan menjadi lebih baik. # Ukhuwah itu gembira, Ketika berjumpa dengan saudara, karena senyum adalah shadaqah.

3 paragraf di atas dari blognya Fathurjustice. Quotes siapa ini ? jangan tanya kan padaku, karena aku juga gk kenal siapa dia. Yang pasti terkadang kebaikan itu bisa datang dari siapa saja, seperti kata pepatah, jangan lihat siapa yang menyampaikan tapi lihat-lah apa yang dia sampaikan . . *bgtu, rada bijaksana*

Bisa di bayangin deh yaa, dunia tanpa ukhuwah, bagai laut gersang tak berair *emang ada yaa, laut yang bisa kering ?, ada laut mati. Iya, benar :) . Jadi Ukhuwah bisa membuat si miskin jadi kaya. lho, koq bisa ? ya bisa laah, emang kaya itu hanya milik orang yang berharta banyak ? nggak kaan ? ok. Aku benar lagi. Ada kaya hati, kaya celebrity, kaya kertas, eh salah, itu kertas koyak, maksudnya atau munkin rambutan kaya-kan yaa, tau deh, pikir aja sendiri *lagi mikir seperlunya aja*. Iya, maksudnya kaya musim di Indonesia kan ada banyak juga tuh, mulai dari musim panas sampai musim liburan *hayyaah, ngiklan lagi ya, dermawan ini tanpa di bayar, he2*kumat.

Jadii, susah juga ternyata yaa, harus ikhlas lah, harus sepak bola (lapang dada) lah, harus ngingetin, dll.. begitulah hidup. . *iya, bijak*. Kalau bukan diri kita sendiri yang ngingetin ya siapa lagi, kalau bukan orang2 yang ada di sekitar kita. Iya gk, bahkan yang gk ada di sekitar kita aja, masih bisa ngingetin, tapi bukan makluk halus lho yaa, maksudnya di sini adalah melalui media2 yang ada. Tau kan media2 itu apa aja ? Media adalah sarana baik cetak maupun elektronik yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi. Nah sedang kan komunikasi sendiri adalah Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Jadii .. kenapa jadi bahas beginian yaa . . *ok. Kembali ke jalan yang lurus*.

Walau pun susah di jabanin juga demi kasih ku pada Mu, eit dah, itu bukan lagu yaa, tapi sebuah ungkapan yang tulus dari dalam hatiku. Tak perlu lah akuu .. keliling dunia, he2, maksudnya tak perlu lah lagi aku menjelaskan kenapa, mengapa, ada apa dan bagaimana, aku fikir kalian semua udah pernah menjalani nya kaan, sebagai pelaku sejarah kebaikan *senyum tulus*. Iya, jadi walaupun sulit, insyaAllah ada kemudahan dan hikmah yang terselip di sana. Bukan kah dalam surah al Insyirah, Allah berkata “bersama kesulitan ada kemudahan” dan di ulangi hingga dua kali. Repeat menyatakan penegasan kalimat tersebut. So . . jalanin aja, ada banyak kebahagiaan di sana, tapi niatnya memang tulus hanya karena Allah, karenaa, kalau udah ada karena ini, itu, manusia, si dia, kamu, aku dan lain sebagangsanya makaa.. kekecewaan lah yang akan hadir. *serius, ini peringatan untuk diriku yang dho’if ini* - _ - ‘

Jadi, apakah arti ukhwah ? menurut Imam Hasan Al-Banna semoga Allah merahmatinya berkata : Ukhwah ataupun persaudaraan menurut Imam Hassan Al-Banna ialah hati-hati dan roh-roh yang dihubungkan dengan ikatan akidah. Akidah adalah hubungan yang paling ampuh dan berharga. Persaudaraan adalah saudara iman dan perpecahan adalah saudara kufur. Kekuatan yang pertama ialah kekuatan perpaduan. Perpaduan tidak akan wujud tanpa kasih sayang. Rasa kasih sayang yang paling rendah ialah berlapang dada (bersikap terbuka) dan paling tinggi ialah mengutamakan orang lain.






dan . . aku masih dan masih belajar ber-ukhuwah . .



So missed this quotation. So many thing was change but a good ukhuwah will be always give you a new spirit to be a good person. . miss u all my friends, to much, please forgive my mistake.


*menyirami_gersangnya_ukhuwah*

Nikmat paling manis apabila Allah mentarbiyah kita....dengan berbagai ujian, namun tautan ukhuwah......mampu berhadapan dengan sejuta kesulitan,...yang memberi energi semangat perjuangan..alirkan halawatul ukhwah....kesungguhan dalam berjuang melalui tautan hati..

bersahabatlah sehingga ke surga.. remember me in ur du'a :)

0 komentar: