3.08.2011

Ikhwati fillah sekalian. Mudah-mudahan Allaah selalu memberi keikhlasan kepada kita semua, karena betapapun kita melakukan sesuatu, dengan bersimbah peluh dan berkuah keringat, lalu sampai habis tenaga serta pikiran kita, apabila tidak di landasi dengan keikhlasan, maka hal itu menjadi sia sia dihadapan Allah, bertempur melawan musuh, tapi hanya karena ingin mendapatkan gelar pahlawan, maka ia tidak akan mendapatkan nilai apapun disisi Allah, mengumandangkan adzan pada setiap waktu shalat, tapi hanya karena ingin memamerkan keindahan suaranya, maka tidak akan mendapat nilai apapun disisi Allaah, menafkahkan harta, berinfak tapi hanya ingin disebut dermawan oleh orang lain, maka itupun tidak ada nilainya disisi Allah.

Ikhlas...terletak pada niat di hati kita. Luar biasa pentingnya niat ini...karena ia adalah pengikat amal. Orang yang tidak pernah memperhatikan niat didalam hatinya, maka siap-siaplah dia akan kehilangan waktu, tenaga dan harta dengan tiada arti. So....apakah ikhlas itu ?. Orang yg ikhlas adalah orang yang tidak menyertakan kepentingan pribadi atau imbalan duniawi atas perbuatan yg dia lakukan, konsentrasi orang orang yg ikhlas cuma satu, yaitu bagaimana agar apa yang ia lakukan diterima oleh Allaah SWT., dengan begitu dia tidak akan memikirkan hal lain selain dari bagaimana agar yang ia lakukan diterima oleh Allaah.
Adapun buah dari keikhlasan adalah
1. akan merasakan ketentraman jiwa..ketenangan bathin,
2. tidak 'diperbudak' dengan perasaan ingin dipuji, tidak 'diperbudak' oleh penantian akan datangnya penghargaan, karena apabila hanya mengharapkan yg seperti itu ternyata yg dinanti tiada kunjung datang, maka yang datang adalah kekecewaan yang mendalam.
3. Seorang yang ikhlas pun akan mempunyai kekuatan ruhiyah yang baik, ia seakan akan menjadi sebuah pancaran energi yang melimpah.
Keikhlasan seseorang pun bisa dilihat dari gerak gerik dan tingkah laku. kita akan merasa aman bergaul dengan orang orang yg ikhlas tidak akan curiga akan ditipu. Setiap perkataan dan perilakunya tidak ada yang tersembunyi.. bening dari segala macam rekayasa. Sungguh beruntung kita apabila bergaul dengan orang orang yg ikhlas. Setiap kata katanya tidak seperti pisau yang mengiris hati. Perilakunya pun tidak akan menyudutkan dan menyempitkan diri. Tidak heran kalau orang orang yg ikhlas mempunyai daya gugah dan daya ubah yg kuat, jadi ikhwati fillaah sekalian, orang yang ikhlas adalah orang yg mempunyai kekuatan dan dia tidak akan kalah dari aneka macam selera rendah, yaitu rindu pujian dan rindu penghargaan wallaahu a'lam bish shawaab.

*disalin dari chat room myquran

2 komentar:

tini mengatakan...

like this :)

Deby Sahria mengatakan...

:) me too, syukran