5.09.2015

Salamu’alaykum Warahmatullah .. Hai, Hallo semuanya.. kabar baik, Alhamdulillah.. ini lagi suka-sukanya bereksperimen in the kitcen, hehehe. Hari ini di dapur tergeletak beberapa buah pisang. Sepertinya aku sudah lama sekali tidak memakan “pisang epe’”. Aku fikir daripada bikin gorengan pisang mulu, ada bagusnya mengganti pisang goreng dengan pisang epe’, yaa, cari suasana baru aja. Okey. Begini resepnya yang saya dapat dari hasil mengais rezeki eh, mengais informasi di google, media search engine yang lagi naik daun (ulat bulu kali yee). 

Pisang Epe’ merupakan jenis makanan yang berasal dari Sulawesi (South Slewes) atau tepatnya di Sulawesi Selatan. Aku nih juga orang Sulawesi lho, tapi lahir dan membesar di Kalimantan. Oh ya, kembali ke Pisang Epe’ yaa. Jenis makanan ini rasanya so very-very sweet. Tau coklat kan ? nah, lebih manis deh dari coklat. Mungkin masih tergolong sepupuan dengan Pan Cake yang diberi lumeran karemel. Sweety bukaan ?. 


Hmm, Judulnya banyak se, akan tetapi jangan bingung (kalau bingung pegangan ma gue eh tembok) semuanya udah aku bikinkan ikhtisar sesuai dengan selera bundo, hehehe. *Bundo Kandung* Baiklah.. Pengantarnya sekian dulu yaa, kita masuk ke Pembahasan. Pisang Epe’ , bahasa kerennya Banana Press. Sesuai dengan namanya, proses pembuatannya dimulai dari mengupas kulit pisang, sisihkan. Pisangnya di press kemudian di panggang. Karena tidak memiliki alat pemanggang, rumput pun jadi. *Jaka sembuh*. Pake Teflon juga bisa koq. Lumuri/ oles Teflon dengan margarine, apinya sedang aja, waktunya tidak usah lama2. Persis seperti saat lagi memanggang roti ya guys. 

The inggrediens :
  1. Pisang Kepok yang sudah mateng (adanya 7 buah)
  2. Gula merah / Gula Jawa
  3. Daun Pandan
  4. A little bit salt (sedikit garam)
  5. Bit Bit Sugar.

How To Use :
  1. Press Pisang menggunakan alat apa saja kemudian Panggang menggunakan Teflon yang sudah dilumuri margarine, jika udah cukup panggang, angkat dan sisihkan.
  2. Rebus air sekitar 350ml menggunakan panci Teflon/ panci. Jika sudah mendidih, maka
  3. Masukkan gula merah, sedikit garam dan gula pasir ke dalam air rebusan, tambahkan pula 2 lembar daun pandan. Aduk hingga menyatu dan harum.
  4. Tuangkan rebusan gula merah ke atas barisan pisang yang sudah ditata di atas piring.
  5. Sajikan. Selamat Mencoba.. Sukses Yaa Saaay.. Sekian dan terima kasih.

See you again … InsyaAllah. 

Tarakan, 9 Mei 2015 

0 komentar: