3.29.2013

Oke. ini ada beberapa lagu nasional yang pingin aku share di blog, kali ini. Mengingat zaman yang semakin edan berkembang, dimana anak-anak yang lahir di abad ke 20 ini, banyak yang tidak tahu menahu bukan tempe menempe dengan lagu2 nasional dari negara nya sendiri.

bukan salah ibu mengandung, Mungkin media2 yang berkembang dimasyarakat juga yang menjadi provokator terhadap rendahnya minat anak2 mengenal lagu nasional di zaman sekarang ini. Media yang seharusnya memberikan dampak pendidikan  yang positive bagi kemajuan anak bangsa ciee, bahasanya sedikit formal yaa. Sehingga setiap anak punya jiwa nasionalisme yang baik terhadap negara ini. Bahasa PKN nya udah mulai memunculkan taring :p.

Bagaimana tidak, lagi asik2nya menjelaskan pelajaran, terdengar sayup2 suara "kau bidadari turun dari langit, di hadapan ku" ternyata itu bukan suara penampakan sodara2, tapi merupakan suara dari seorang siswa yang saat itu lagi demen2nya dengan vocalis yang menyanyikan lagu tersebut. Tidak tanggung2 ternyata dia, siswa yang mendendangkan suara emas nya di tengah hiru pikuk nya sang guru menjelaskan, itu sudah mencetak sekitar 2 salinan lagu tersebut untuk di bagi2 kan ke teman sekelasnya, yang memang sudah memesan u/ mendapat salinan lagu tersebut. Kalau mau pesen 1 lembar, kasi tau aku aja, nanti aku kasi harga sepesail  deh, modusgagal. Begitu cerita seorang teman yang mengalami kejadian na as luar biasa di atas.

Lagu wajib nasional sebagai salah satu jenis musik yang telah menyatu dengan jiwa masyarakat Indonesia memiliki fungsi yang kompleks dalam aktivitas budaya masyarakat. Lagu wajib nasional merupakan salah satu produk atau hasil karya cipta budaya masyarakat Indonesia di bidang musik. Sebagai salah satu ikon budaya masyarakat Indonesia, kesenian ini mempunyai fungsi dalam berbagai aktivitas kehidupan sosial masyarakat. Ada beberapa fungsi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat diantaranya: Fungsi pendidikan, fungsi sosial, fungsi pekestarian dan fungsi propaganda.



Ok. pls check it up ;)

**Satu Nusa Satu Bangsa
 By. Coklat

Satu nusa 
Satu bangsaSatu bahasa kita
Tanah airPasti jaya 
Untuk Selama-lamanya
 
Indonesia pusaka 
Indonesia tercinta 
Nusa bangsa 
Dan Bahasa 
Kita bela bersama

**Tanah Air
Juga By. Coklat 
 
Tanah air ku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidakkan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai
Walaupun banyak negeri kujalani
yang mahsyur permai di kata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Disanalah ku rasa senang
Tanah ku tak kulupakan
Engkau kubanggakan

Tanah air ku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidakkan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai 


Iya, bgtu lah beberapa sample lagu nasional dan untuk mendapatkan lebih banyak lagi lagu2 nasional yang ada di persada tanah air, kamu bisa searching sendiri :P karena banyak koq bertebaran di web2 yang ada. 

cintai lah lagu2 nasional, karena lagu nasional juga merupakan identitas mu sebagai bangsa Indonesia, yang memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme terhadap negaranya. Menyanyikan lagu2 nasional, tidak menjadikan mu kuno di mata teman maupun kerabat, karena lagu nasional sarat dengan semangat perjuangan, so . . kamu jadi semangat dan yang terpenting, galau kamu bakalan angkat kaki dari hati mu . . oh, sweet kan :)

Bonus deh, ini link aunty wiki yang punya koleksi lagu2 nasional. Aku bagi khusus untuk kamu2 di sini . . he2

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_lagu_nasional_Indonesia
 

  


0 komentar: